Jony Ive Hengkang Dari Apple

Desainer iPhone dan produk-produk Apple, Jonathan “Jony” Ive resmi mengundurkan diri dari Apple.

Ive meninggalkan jabatannya sebagai Chief Design Officer Apple, untuk mendirikan perusahaan desain independen. “Setelah hampir 30 tahun dan proyek yang tak terhitung, saya bangga dengan pekerjaan yang telah kami lakukan untuk membentuk tim desain, proses, dan budaya di Apple yang tak tertandingi,” ungkap Ive dalam keterangan resmi Apple.

Dalam keterangan yang sama,disebutkan pula bahwa perusahaan baru Ive akan mempertimbangkan Apple sebagai klien utama. “Ive dengan perusahaan barunya akan terus bekerja sama dalam proyek bersama Apple,” tulis pernyataan Apple.

Tim Cook memberikan apresiasi kepada Ive atas dedikasinya selama hampir tiga dekade untuk Apple. Menurut Cook, Ive adalah sosok penting dalam desain produk Apple. “Jony adalah sosok tunggal dalam dunia desain dan perannya dalam kebangkitan Apple tidak bisa dianggap remeh, dari terobosan iMac hingga iPhone dan ambisi yang belum pernah ada sebelumnya, yakni Apple Park yang baru-baru ini menyerap energi dan perhatiannya,” tulis Cook.

Cook juga menyambut rencana keberlanjutkan hubungan profesional Ive dengan Apple di masa mendatang. “Saya senang hubungan kami akan berlanjut untuk berkembang dan saya berharap bisa bekerja dengan Jony jauh di masa depan,” ujar Cook

Sepeninggal Ive, jabatan kepala desain Apple akan dipegang oleh Evans Hankey, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden Industrial Design Apple, dan Alan Dye yang sebelumnya adalah wakil presiden Human Interface Design.

Mereka berdua akan bertanggung jawab di bawah pimpinan Jeff Williams, kepala operasional Apple. “Tim ini pasti akan berkembang di bawah kepemimpinan Evans, Alan, dan Jeff yang sangat luar biasa, mereka telah menjadi kolaborator terdekat saya,” ungkap Ive.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *