Nintendo Switch Lite: Versi Murah Tanpa Koneksi TV

Sudah dikabarkan selama beberapa waktu bahwa Nintendo akan mengumumkan satu atau lebih versi baru dari Nintendo Switch.

Namun tanpa peringatan, tiba-tiba Nintendo telah memutuskan bahwa pertengahan Juli waktu yang tepat untuk mengungkapkan hal ini.

Nintendo Switch Lite adalah versi yang lebih ramping dari model Switch yang ada yang mengorbankan beberapa fitur. Perbedaan yang paling menonjol adalah ketidakmampuannya untuk menghasilkan video ke TV; yang membuatny  hanya menjadi perangkat genggam, bukan hibrida yang dapat dimainkan saat bepergian atau pada layar eksternal. Meskipun demikian, device ini masih akan menggunakan nama Switch yang merujuk fungsi ini di sistem asli.

Pengurangan fitur ini menghasilkan harga yang $ 100 lebih murah dari model aslinya; Switch Lite dijual seharga $ 200 di AS. Rencananya akan dirilis pada 20 September dalam trio warna, dengan tambahan versi Pokemon edisi khusus yang akan tiba pada bulan November.

Switch Lite memiliki layar 5,5 inci yang menampilkan resolusi 720p. Ini menyusutkan layar sedikit dari ukuran asli 6,2 inci Switch, dan ukuran keseluruhan sistem juga lebih kecil. Daya tahan baterai juga dikatakan ditingkatkan, berlangsung hingga enam jam tergantung pada game yang dimainkan.

Port headphone masih ada (sayangnya, dukungan headset Bluetooth belum ditambahkan), dan tata letak tombol sebagian besar tidak berubah. Namun, Switch Lite tidak lagi memiliki pengendali Joy-Con yang bisa dilepas.

Switch Lite juga tidak akan memiliki sensor gerak IR atau gemuruh. Pengontrol Joy-Con masih dapat dihubungkan ke Switch Lite secara nirkabel, yang akan diperlukan untuk memungkinkan game Switch tertentu bekerja di Lite. Nintendo telah menukar empat tombol kecil yang berfungsi sebagai input pengarah pada Joy-Cons untuk D-pad tradisional di sisi kiri, sekarang tombol-tombol itu tidak perlu berfungsi ganda sebagai tombol muka ketika Joy-Con digunakan secara horizontal.

Satu hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Nintendo Labo, yang memungkinkan pengguna untuk membangun periferal menggunakan kardus, tidak akan berfungsi karena Switch Lite lebih kecil. Game lain perlu mendukung mode genggam agar dapat berfungsi. Judul seperti 1-2-Switch dan Super Mario Party akan mengharuskan Anda untuk membeli Joy-Cons standar untuk memainkannya. D-Pad Baru dari Lite Switch tidak akan ditambahkan ke Joy-Cons

Switch Lite terbuat dari plastik matte dan, menurut CNET, yang memiliki kesempatan untuk menggunakannya, memiliki “kesan yang kuat mengingatkan saya pada banyak genggam Nintendo 2DS XL baru-baru ini. Tidak ada Joy-Cons yang dapat dilepas berarti sisi-sisi dari Switch Lite juga tidak melentur atau berderit. “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *